Rabu, 15 Mei 2019

CRITICAL JOURNAL REVIEW 1

CRITICAL JOURNAL REVIEW
PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DAN KORELASINYA DENGAN PENINGKATAN AKHLAK AL-KARIMAH PESERTA DIDIK
DOSEN PENGAMPU : Dr. H. MARDIANTO, M.Pd

DI SUSUN OLEH :
NUR AULIA ULFA ( 0301171293 )
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM-3
SEMESTER IV


PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
2019


KATA PENGANTAR

Puji syukur saya ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karuniaNya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas Critical Jurnal Review pada mata kuliah Strategi pembelajaran Akidah Akhlak mengenail Pembelajaran Akidah Akhlak dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik.
Dalam penulisan dan penyusunan critical jurnal review ini penulis banyak di bantu oleh berbagai pihak baik langsung maupun tidak langsung. Penulis juga sadar bahwa penulisan jurnal ini terdapat banyak kekurangan. Untuk itu penulis menghimbau agar para pembaca dapat memberikan saran dan kritik yang membangun demi perbaikan critical jurnal review ini.
Akhir kata penulis berharap agar jurnal ini dapat bermanfaat dan memberikan ilmu pengetahuan bagi pihak-pihak lain yang memerlukannya.
Dalam penulisan critical jurnal review ini, saya tentu saja tidak dapat menyelesaikannya sendiri tanpa bantuan dari pihak lain. Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih kepada kedua orang tua saya yang senantiasa mendoakan saya, dan saya juga mengucapkan terima kasih kepada dosen pengampu Bapak Dr. H. Mardianto, M.Pd.


Medan, 12 Mei 2019
Penulis

Nur Aulia Ulfa
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang Pemilihan Jurnal
Kerelevansian Jurnal Dengan Topik yang Diamati
BAB II RINGKASAN JURNAL
Identitas Jurnal
Ringkasan Jurnal
BAB III PEMBAHASAN
Relevansi Antara Topik Jurnal Dengan Karya Dan Bidang Keahlian Penulis
Pokok-Pokok Argumentasi Penulis Dalam Pendahuluan
Pemilihan Serta Cakupan Kajian Teori
Metodologi Penelitian Dan Relevansinya
Kerangka Berfikir Penulis Pada Bagian Pembahasan
Kesimpulan Dan Saran Yang Diajukan Penulis Serta Implikasinya Pada Penelitian Berikutnya
Persetujuan, Kritik, Sanggahan, Uraian, Penjelasan Serta Posisi Penulis Journal Review Terhadap Jurnal
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Saran


BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang Pemilihan Jurnal
Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan dalam kehidupan manusia. Hal itu dikarenakan bahwa dengan pendidikanlah manusia mampu mengangkat martabat dirinya menuju kepada peradaban budaya dan pola pikir yang lebih maju, dinamis dan ilmiah. Melalui pendiidkan itu akhlak manusia dapat terbentu. Dalam kehidupan sehari-hari akhlak merupakan hal yang sangat penting dalam bertingkah laku. Dengan demikian ahklak yang baik seseorang tidak akan terpengaruh pada hal-hal yang negatif.
Akhlak dalam agama islam telah diajarkan kepada semua pemeluknya agar dirinya menjadi manusia yang berguna bagi dirinya serta berguna bagi orang lain.
Aqidah adalah salah satu disiplin dari agama ini yang berkaitan dengan keyakinan dan keimanan, dimana sisi yang lain berkaitan dengan amaliyah yaitu fiqh. Aqidah islamiyah adalah keimanan yang teguh dan bersifat pasti kepada Allah dengan segala pelaksanaan kewajiban, bertauhid dan taat kepadanya, beriman kepada malaikatnya, kitab-kitabnya, rasul-rasulnya, hari akhir, takdir baik dan buruk dan mengimani seluruh apa yang telah ditetapkan oleh Al-Qur’an.

Kerelevansian Jurnal Dengan Topik Yang Diamati
Adapun kerelevansian jurnal dengan topik yang diamati, berdasarkan latar belakang sesuai dengan objek penelitian bahwa sejumlah peserta didik guna mengungkap faktor-faktor yang menjadi sebab dan akibat keberhasilan suatu program terkait dengan kegiatan pembelajaran akidah akhlak dan korelasinya dengan peningkatan akhlak al-karimah peserta didik di Madrasah Aliyah Shoutul Mimbar Al-Islami, Kecamatan Tenjolaya, kabupaten Bogor Jawa Barat.


























BAB II
RINGKASAN JURNAL

Identitas Jurnal
Judul : Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik
Penulis : Nia Kurniawati
Lembaga Penulis : Madrasah Aliyah Shoutul Mimbar Al-Islami
Lembaga Menerbitkan Jurnal : Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam
Volume : 06 No.12
Tahun Terbit : 2017

Ringkasan Jurnal
Pendahuluan
Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan dalam kehidupan manusia. Hal itu dikarenakan bahwa dengan pendidikanlah manusia mampu mengangkat martabat dirinya menuju kepada peradaban budaya dan pola pikir yang lebih maju, dinamis dan ilmiah. Melalui pendiidkan itu akhlak manusia dapat terbentu. Dalam kehidupan sehari-hari akhlak merupakan hal yang sangat penting dalam bertingkah laku. Dengan demikian ahklak yang baik seseorang tidak akan terpengaruh pada hal-hal yang negatif. Akhlak dalam agama islam telah diajarkan kepada semua pemeluknya agar dirinya menjadi manusia yang berguna bagi dirinya serta berguna bagi orang lain. Manusia yang berakhlak akan dapat menghiasi dirinya dengan sifat kemanusiaan yang sempurna, menjadi manusia yang shaleh maupun sholehah dalam arti yang sebenarnya, selalu menjaga kualitas kepribadiannya sesuai dengan tuntunan Allah SWT dan RasulNya. Sejalan dengan hal yang dikemukakan di atas, Arifin mengatakan bahwa setiap muslim pada hakikatnya adalah insan agama yang bercita-cita, berfikir, beramal untuk hidup akhiratnya berdasarkan atas petunjuk dari wahyu Allah melalui Rasulullah. Kecenderungan hidup beragama ini merupakan ruhnya agama yang benar berkembangnya dipimpin oleh ajaran agama islam yang murni bersumber pada kitab suci yang telah menjelaskan serta menerangkan tentang perkara benar dan diwujudkan dalam syariat agama islam.
Kajian Teori
Pada jurnal yang berjudul. Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Kolerasinya Dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik tidak ditemukan/dituliskannya kajian teori di dalamnya.

Metodologi Penelitian
Tempat penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Shoutul Mimbar Al-Islami yang berlokasi Tenjolaya, mudah dijangkau karena dilalui oleh Angkutan Kota jurusan Tumaritis Ke Terminal Babulak.
Adapun waktu penelitian ini telah dilaksanakan dari bulan januari sampai tanggal 30 juni 2017. Jenis penelitian ini menggunkan metode kuantitatif. Metode kuantitatif dinamakan metode tradisional, karena metode ini sudah cukup lama digunakan sehingga sudah mentradisi sebagai metode untuk penelitian. metode ini sebagai metode ilmiah karena konkrit/empiris, obyektif, terukur, rasional, dan sistematis. metode ini juga disebut discovery karena dengan metode ini dapat ditemukan dan dikembangkan diberbagai iptek baru.
Dalam penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara pembelajaran akidah akhlak dengan peningkatan akhlak karimah peserta didik, maka pengolahan dan penelitian ini menggunakan rumus analisis korelasi product moment. Variabel yang diujikan adalah korelasi antar dua variabel yang terdiri dari dependent variable dan independent variable.

Pembahasan
Pembelajaran berasal dari dua kata dasar “belajar” dan “mengajar”. Dalam proses pembelajaran, unsur proses belajar memegang peranan yang vital, belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman atau suatu proses kegiatan dan bukan suatu hasil atau tujuan, Humalik menegaskan bahwa mengajar adalah proses bimbingan kegiatan mengajar hanya akan bermakna apabila terjadi kegiatan belajar. Adapun pengertian pembelajaran adalah proses,cara,perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar. Pembelajaran dalam proses pendidikan adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Adapun akidah merupakan perbuatan hati, yaitu kepercayaan hati dan pembenaran kepada sesuatu, sedangkan akhlak berasal dari kata khalaqa yang berarti menciptakan, menjadikan, membuat.
Pada hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa nilai prestasi siswa berdasarkan hasil angket pembelajaran akidah akhlak di dapati nilai keseluruhannya adalah 775. Artinya siswa telah mengikuti pelajaran akidah akhlak dengan cukup baik.

Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti tentang ada tidaknya korelasi antara pembelajjaran akidah akhlak dengan peningkatan akhlak karimah peserta didik di sekolah Madrasah Aliyah Shoutul Mimbar Al-Islami Tenjolaya Bogor dapat ditarik kesimpulan, bahwa pembelajaran akidah akhlak berkorelasi positif pada peningkatan akhlak karimah peserta didik Madrasah Aliyah Shoutul Mimbar Al-Islami Tenjolaya Bogor. Hal ini tentunya menjadi temuan bahwa siswa MA SMI memiliki akhlak yang cukup baik.
Korelasi antara pembelajaran akidah akhlak dengan peningkatan akhlak karimah peserta didik Tenjolaya Bogor, dikategorikan dengan tingkat korelasi yang sedang/cukup, dengan nilai indeks korelasi yaitu 143,52. Berdasarkan pada interpretasi data berada diantara 09,00 sampai 1,00. Maka hipotesis nol ditolak. Hal ini berarti hipotesis alternatif diterima, dengan kata lain terdapat korelasi yang  cukup baik pembelajaran akidah akhlak dengan peningkatan akhlak karimah peserta didik di Madrasah Aliyah Shoutul Mimbar Al-Islami Tenjolaya Bogor.

Saran
Pada jurnal yang berjudul Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Kolerasinya Dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Didik tidak ditemukan/dituliskannya saran di dalamnya









BAB III
PEMBAHASAN

Relevansi Antara Topik Jurnal Dengan Karya Dan Bidang Keahlian Penulis
Pada jurnal yang saya review membahas mengenai Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Didik. Jadi pada semua mata pelajaran, terkhusus akidah akhlak sangat diperlukan yang namanya akhlak al-karimah di dalam diri peserta didik tersebut. Jika peserta didik itu akhlaknya sudah baik, maka ia dikatakan sudah baik. Karena terkhusus pada proses pembelajaran, akidah dan akhlak sellau disandingkan sebagai suatu satu kajian yang tidak bisa lepas antara satu dengan lainnya. Hal itu dikarenakan sebelum melakukan sesuatu akhlak, maka terlebih dahulu meniatkannya dalam hati (akidah). Semakin baik akidah seseorang tersebut, maka semakin baik pula akhlak yang diaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari baik itu di lingkungan keluarga maupun dilingkungan sekolah. Sebaliknya juga, jika semakin buruk tingkat keyakinan akidah seseorang, maka akhlaknya pun akan sebanding dengan akidah akhlak dalam kehidupannya sehari-hari. Sama seperti halnya pada penerapan akhlak di sekolah Madrasah Aliyah
Shoutul Mimbar Al-Islami, peserta didiknya sudah bisa dikatakan cukup baik akhlaknya sesuai dengan penilitian yang disebutkan di atas.
Adapun topik jurnal yang ditulis oleh penulis, saya rasa sudah cukup sangat relevan melalui penelitiannya.

Pokok-Pokok Argumentasi Dalam Pendahuluan
Di dalam jurnal tersebut, pada bagian pendahuluan adapun pokok-pokok argmentasinya bahwa dari sisi manfaatnya, kehadiran agama tidak hanya memberikan bimbingan dan arahan agar menemukan dimensi spiritualitas hidup , melainkan berdampak pada sisi sisiologis, berupa keseimbangan hidup untuk senantiasa berbuat baik dan memberikan kepedulian terhadap sesama. Namun realitasnya yang terjadi pada masyarakat sekarang ini untuk terbentuknya muslim yang baik sangatlah sulit, karena telah banyak terjadi penyimpangan norma, etika, tingkah laku sebagai bentuk kemerosotan mental atau moral kepribadian yang sangat tidak sesuai dengan etika ajaran agama islam ataupun budaya ketimuran bangsa indonesia. Untuk itu sekolah sanat diharapkan dalam pembentukan kepribadian yang baik, karena sekolah merupakan salah satu tempat yang efektif dalam melakukan pembinaan, mempersiapkan peserta didiknya dan juga merupakan tempat yang kondusif bagi peserta didik untuk bersosialisasi, bergaul dengan teman sebaya serta tempat berkumpul para pendidik. Dengan demikian sangat perlu bahwa pembinaan prilaku dilakukan melalui pembelajaran akidah akhlak kepada peserta didiknya di samping untuk berprilaku yang terpuji serta menjauhi prilaku yang tercela.

Pemilihan Serta Cakupan Kajian Teori
Di dalam jurnal tersebut, penulis banyak menggunakan teori lain atau ungkapan para ahli dan referensi dari buku lain, tetapi penulis tidak menuliskan kajian terori. Penulis langsung menuliskan ke bagian metodologi penelitian.
Adapun peneliti melakukan penelitian kepada sejumlah subyek dan obyek penelitian, yaitu para peserta didik kelas X dan XI yang berjumlah 30 siswa. Seluruh populasi dijadikan obyek penelitian mengingat jumlah obyek yang diteliti tidak terlalu banyak. Teknik pengumpulan data menggunakan konsep Sugiyono, yaitu melalui teknik dokumentasi, observasi dan kuesioner dan gabungan dari ketiganya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai prestasi siswa berdasarkan angket pada pembelajaran akidah akhlak di dapati nilai keseluruhannya 775. Jika dirata-ratakan maka jumlah siswa sebanyak 30 responden, nilai rata-ratanya adalah 25,83 dibulatkan 26. Nilai 26 menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak cukup baik.

Metodologi Penelitian Dan Relevansinya
Dalam penelitian ini, untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara pembelajaran akidah akhlak dengan peningkatan akhlak al-karimah peserta didik, maka pengolahan dan penelitian ini menggunakan rumus analisis korelasi product moment. Dimana variabel yang diujikan adalah korelasi antar dua variabel yang terdiri dari dependent variabel dan independent variabel. Karena penelitian ini membahas dua variabel yang diteliti untuk selanjutnya dilakukan tabulasi data, diolah dengan rumus statistik dan dilakukan dengan analisis data yang dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu dengan cara mencari angka korelasi.selanjutnya peneliti melakukan interpretasi data yaitu dengan angka indek korelasi yang dijadikan patokan untuk mengetahui besar kecilnya kekuatan korelasi ataupun pengaruh diantara variabel yang diteliti. Adapun yang dimaksud dengan interpretasi secara sederhana yaitu melihat tingkat kerataan korelasi atau pengaruh antar variabel dapat dilihat dari angka koefisien korelasi yang dijadikan dalam bentuk tabel interpretasi korelasi data.

Kerangka Berfikir Penulis Pada Bagian Pembahasan
Di dalam jurnal ini, penulis menuliskan perumusan dan pembatasan masalah mencakup perumusan masalah dan pembatasan masalah, lalu tujuan dan kegunaan penelitian mencakup tujuan penelitian dan kegunaan penelitian baik secara teoritis dan praktis. Di dalam tinjauan teoritis penulis menuliskan teorisasi tentang pembelajaran dan akidah, teorisasi tentang akhlak, pengertian akidah akhlak. Lalu masuk pada metode penelitian memuat tabel-tabel korelasi penelitian. Adapun dapat ditarik kesimpulan bahwa korelasi antara pembelajaran akidah akhlak dengan peningkatan akhlak karimah peserta didik berkorelasi positif , hal ini tentunya menjadi temuan bahwa siswa memiliki akhlak yang cukup baik.

Kesimpulan Dan Saran Yang Diajukan Penulis Serta Implikasinya Pada Penelitian
Pada jurnal tersebut penulis hanya memaparkan kesimpulan. Adapuan kesimpulannya yaitu :
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti tentang ada tidaknya korelasi antara pembelajaran akidah akhlak dengan peningkatan akhlak karimah peserta didik di sekolah Madrasah Aliyah Shoutul Mimbar Al-Islami Tenjolaya Bogor dapat ditarik kesimpulan, bahwa pembelajaran akidah akhlak berkorelasi positif pada peningkatan akhlak karimah peserta didik. Hal ini tentunya menjadi temuan bahwa sisiwa MA SMI memiliki akhlak yang cukup baik.
Korelasi antara pembelajaran akidah akhlak dengan peningkatan akhlak karimah peserta didik Tenjolaya Bogor, dikategorikan dengan tingkat korelasi yang sedang/cukup, dengan nilai indeks korelasi yaitu 143,52. Berdasarkan pada tabel interpretasi data berada di antara 09,00 sampai 1,00. Maka hipotesis nol ditolak. Hal ini berarti hipotesis alternatif diterima. Dengan kata lain terdapat korelasi yang cukup baik pembelajaran akidah akhlak dengan peningkatan akhlak karimah peserta didik di Madrasah Aliyah Shoutul Mimbar Al-Islami Tenjolaya Bogor.

Persetujuan, Kritik, Sanggahan, Uraian, Penjelasan Serta Posisi Penulisan Journal Review Terhadap Jurnal
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran akhlak dengan korelasi peningkatan akhlak karimah peserta didik di Madrasah Aliyah Shoutul Mimbar Al-Islami Tenjolaya Bogor.
Pada jurnal tersebut mencantumkan pendahuluan, metode peneilitian, hasil penelitian, pembahasan serta kesimpulan (penutup). Pada penelitiannya penulis menggunakan rumus analisis korelasi product moment. Dimana ada dua variabel yang diujikan yaitu variabel dependent dan variabel independent. Setelah data diolah dengan rumus analisis korelasi product moment, maka dilakukan interpretasi data yakni untuk melihat tingkat keeratan korelasi atau pengaruh antar variabel disajikan dalam bentuk tabel interpretasi data.





















BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan
Pada jurnal yang saya review, penulis membuat mengenai Pembelajaran Akidah Akhlak dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik. Di sekolah Madrasah Aliyah Shoutul Mimbar Al-Islami Tenjolaya Bogor korelasi antara pembelajaran akidah akhlak dengan peningkatan akhlak al-karimah peserta didik Tenjolaya Bogor, dikategorikan dengan tingkat korelasi yang sedang/cukup, dengan nilai indeks korelasi yaitu 143,52. Berdasarkan pada tabel interpretasi data berada di antara 09,00 sampai 1,00. Maka hipotesis nol ditolak, hal ini berarti hipotesis alternatif diterima. Dengan kata lain terdapat korelasi yang cukup baik pembelajaran akidah akhlak dengan peningkatan akhlak karimah.

Saran

Penulisan jurnal yang telah dilakukan oleh peneliti sudah cukup baik dan akurat. Hanya saja penulis tidak memaparkan mengenai kajian teori dan saran yang membangun untuk penelitian berikutnya. Dan saya harap agar pada pembuatan jurnal selanjutnya penulis memaparkan kajian teori serta saran yang membangun.

2 komentar: