Minggu, 05 Mei 2019

CRITICAL BOOK REPORT

CRITICAL BOOK REPORT
CRITICAL BOOK REPORT
Nama : Nur Aulia Ulfa
Nim : 0301171293
Jurusan/Semester : PAI-3/ IV
Identitas Buku

Judul buku : Strategi Pembelajaran ( Suatu Pendekatan Bagaimana          Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa Secara Transformatif )
Pengarang : Haidir dan Salim
Penerbit : Perdana Mulya Sarana
Kota Terbit : Medan
Tahun Terbit : 2014
Jumlah Halaman : 178 halaman
ISBN : 978-602-8935-88-3

Isi Buku
Buku yang berjudul “ Strategi Pembelajaran ( Suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa Secara Transformatif ) ini terdiri dari V Bab. Adapun pada Bab I mengenai “Perlunya Perubahan Paradigma dari Mengajar ke Pembelajaran” meliputi pendahuluan, identifikasi terhadap masalah-masalah dalam pembelajaran, dan landasan yuridis serta hasil-hasil penelitian, Bab II mengenai “Pendidik Sebagai Suatu Profesi” meliputi pendahuluan, trilogi profesi, komponen trilogi profesi pendidik ( komponen ilmu pendidik dan komponen substansi profesi pendidik ) serta tugas tanggung jawab dan peranan pendidik, Bab III mengenai “Menjadi Pendidik dan Pembelajaran Efektif”meliputi mengajar antara seni dan ilmu pengetahuan, perspektif tentang pembelajaran yang efektif ( defenisi konsep, dasar berlangsungnya pembelajaran efektif, serta komitmen dan motivasi ), ciri-ciri pendidik efektif, komponen-komponen yang terkait dalam proses pembelajaran, serta tujuan hakiki pembelajaran, Bab IV mengenai “Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif” meliputi pengertian strategi metode dan pendekatan pembelajaran, tingkatan-tingkatan metode pembelajaran, klasifikasi metode pembelajaran, serta beberapa alternatif metode pembelajaran, dan pada Bab V mengenai “Pembelajaran Konstruktivisme meliputi pendahuluan, pelopor, dan konstruktivisme”

Bab II
Pendidik Sebagai Suatu Profesi
Profesional didefenisikan sebagai suatu pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standart mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi sebagaimana dinyatakan dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Tentang pendidikan profesi ada dinyatakan dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 terutama penjelasan Pasal 15 dinyatakan “pendidikan profesi merupakan pendidikan tinggi setelah program sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian tertentu.”
Oleh karena itu, agar pendidik dapat melakukan tugas-tugas secara profesional, perlu dikemukakan ciri atau kriteria profesi. Pendapat Full (1967) sebagaimana mengemukakan enam karakteristik profesi yaitu keintelektualan, kompetensi profesional yang dipelajari, objek praktik spesifik, komunikasi, motivasi altruistik, dan organisasi profesi. Adapun organisasi profesi ini secara langsung peduli atas realisasi sisi-sisi objek spesifik profesi, keintelektualan, kompetensi dan praktik pelayanan, komunikasi, kode etik, serta perlindungan atas para anggotanya. Organisasi profesi juga berkepentingan membina para anggotanya untuk memiliki kualitas tinggi dalam mengembanngkan dan mempertahankan kemartabatan profesi. Organisasi profesi selain membesarkan profesi itu sendiri, juga sangat berkepentingan untuk ikut serta memenuhi kebutuhan dan membahagiakan warga negara dan masyarakat luas.
Bab IV
Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif
Menurut Djamarah dan Zain ada empat strategi dasar dalam kegiatan pembelajaran yang meliputi mengidentifikasikan serta menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku dan kepribadian peserta didik sebagaimana yang diharpakan, memilih sitem pendekatan bekajar mengajar berdasrkan aspirasi dan pandangan hidup masyarakat, memilih dan menetapkan prosedur metode dan teknik pembelajaran yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan mengajarnya, dan menetapkan norma-norma dan batas minimal keberhasilan atau kriteria serta standart keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melakukan, evaluasi hasil kegiatan belajar mengajar yang selanjutnya akan dijadikan umpan balik untuk penyempurnaan pembelajaran.

Kelebihan dan Kekurangan Buku
Kelebihan yang dimiliki buku dengan judul “ Strategi Pembelajaran ( Suatu pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa Secara Transformatif )“ yaitu : Identitas yang lengkap sehingga membuat pembaca yakin untuk membacanya, banyak mengutip pendapat dari para ahli, pada penulisan gaya bahasa yang sudah baik, susunan kata demi kata juga sudah baik, ditambah lagi beberapa pembahasan menggunakan skema ataupun peta konsep yang membuat pembaca lebih paham dengan dipaparkannya skema ataupun peta konsep, serta lengkapnya daftar pustaka.
Kekurangan yang dimiliki buku dengan judul “ Strategi Pembelajaran ( Suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa Secara Transformatif )“ yaitu : tidak dilengkapinya catatan kaki baik berupa footnote ataupun bodynote, penggunaan warna dalam buku yang terkesan monoton dan terlihat kusam, tidak adanya indeks yang membuat pembaca bingung mencari urutan abjad/bacaan.

Kontribusi Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Kontribusi terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu buku dengan judul “ Strategi Pembelajaran ( Suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa Secara Transformatif ) ini sangat membantu guru-guru Pendidikan Agama Islam ( PAI ) agar lebih mengetahui strategi pembelajaran yang bagaimanakah yang baik digunakan sesuai dengan guru yang ingin menggunakannya, sehingga tujuan pembelajaran dapat terjalankan dengan baik dan tercapai. Banyak guru yang menggunakan strategi pembelajaran dalam proses belajar mengajar juga tidak baik, karena dapat membuat peserta didik itu menjadi bingung dalam mengikuti pembelajaran, makanya dengan buku ini sangat membantu setiap guru-guru dalam melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas ataupun diluar kelas.
Maka dari itu pendidik harus menggunakan strategi pembelajaran yang tepat. Setiap strategi mempunyai kekurangan dan kelebihan, sebab itu pendidik juga harus bijak dalam megolah dan memilih strategi pembelajaran. Jika strategi yang dipilih tidak sesuai, maka proses pembelajaran pun tidak dapat berjalan dengan semestinya, sehingga guru tersebut bisa dikatakan gagal dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik.
Untuk itu, didalam buku ini sangat banyak dimuat bahasan terkhusus strategi pembelajaran, seperti keahlian menguasai materi pembelajaran, keahlian menerapkan dan menggunakan strategi pembelajaran, keahlian menetapkan tujuan dan perencanaan pembelajaran, keahlian dalam manajemen kelas, keahlian dalam memotivasi, keahlian dalam berkomunikasi terhadap guru ataupun peserta didik, berkomitmen dan motivasi serta keahlian dalam bekerja secara efektif dengan peserta didik dari latar belakang kultural yang berlainan.

Terimakasih ☺🌾

3 komentar: